KAJIAN KONSEP SENSE OF PLACE PADA GEDUNG KANTOR MNC TOWER SURABAYA

Authors

  • Anindi Wahyu Ramita Putri UPN Veteran Jawa Timur
  • Heru Prasetyo Utomo UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/widyastana.v4i1.79

Keywords:

bangunan komersial; kantor; produktvitas; sense of place

Abstract

Konsep sense of place telah banyak merambah ke dunia arsitektur di mana konsep ini memiliki peran penting dalam membuat masyarakat merasa nyaman dan tertarik untuk tinggal di suatu tempat lebih lama dari waktu yang diperlukan. Beberapa bangunan dapat secara intens dikunjungi pengunjung karena kemampuannya dalam menciptakan hubungan interaksi sosial antara manusia dengan lingkungan, memfasilitasi berbagai kebutuhan pengguna, memiliki identitas serta tampilan yang menarik, hingga mampu mempertahankan dan memperkaya pengalaman pengguna. Selain memberikan rasa nyaman, sense of place pada bangunan komersial seperti kantor pun dapat berpengaruh pada peningkatan produktivitas pekerja. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji unsur pembentuk sense of place yaitu aktivitas, bentuk, dan citra pada salah satu gedung perkantoran di pusat Kota Surabaya. Objek studi kasus yang dipilih yaitu MNC Tower Surabaya yang berlokasi di Jalan Taman AIS Nasution. Penelitian menggunakan metode dekriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer yaitu observasi lapangan dan studi literatur. Dalam hasil analisis pun menghasilkan kesimpulan bahwa objek studi telah melakukan upaya maksimal dalam menghadirkan konsep sense of place.

Downloads

Published

2024-08-09