STRATEGI DALAM MERANCANG RUANG PUBLIK DENGAN DIGITAL PLACEMAKING INITIATIVES
DOI:
https://doi.org/10.33005/widyastana.v3i1.52Keywords:
digital placemaking initiatives; placemaking; ruang publikAbstract
Pada era saat ini, perancangan kota telah beralih ke arah intervensi lokasi yang mendukung partisipasi masyarakat, saling melibatkan antar individu, mencerminkan nilai-nilai budaya, dan meningkatkan interaksi sosial melalui pertemuanĀ di jalan-jalan dan ruang publik. Intervensi tersebut semakin melibatkan penerapan media dan teknologi digital untuk memfasilitasi interaksi antara anggota komunitas di sekitar ruang publik yang dalam prosesnya dapat memperoleh makna dan signifikansi baru. Meskipun penerapan strategi digital placemaking sebagaimana inisiatif tersebut kemudian dikenal merupakan praktik yang masih eksperimental, sudah dapat diimplementasikan sebagai dasar teori untuk desainnya. Dalam penelitian ini, saya akan membahas strategi dalam merancang ruang publik dengan digital placemaking initiatives. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif yang dalam pelaksanaannya dilakukan pengembangan padanan kata yang sesuai dan masih berkaitan dengan konseptualisasi digital placemaking initiatives sehingga memberikan kesimpulan terhadap strategi merancang pada ruang publik yang kemudian bisa diaplikasikan ke dalam perancangan.