Pendekatan Hemat Energi pada Perancangan Bangunan yang Ramah Lingkungan

Authors

  • Ulyani Adhikari Agustin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Syaifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/widyastana.v2i1.114

Keywords:

hemat energy; adaptasi; struktur bangunan; ramah lingkungan

Abstract

Dalam setiap siklus industry konstruksi, bangunan selalu mengkonsumsi energy dalam setiap siklus kehidupan bangunan tersebut. Energi merupakan potensi yang ada alam yang dapat digunakan untuk kebutuhan bangunan. Pemenafaatan energy dari alam yang berasal dari sumber yang dapat habis akan merugikan manusia di kemudian hari, kecuali bangunan mampu memanfaatkan sumber-sumber energy yang berasal dari sumber terbarukan seperti energy matahari atau bangunan tersebut mampu mendaur-ulang energy yang telah termanfaatkan seperti air.

Bangunan sebagai pengguna energy yang cukup besar sangat berpotensi merusak system atau sumber energy terbut, sehingga bangunan harus lebih adaptif terhadap potensi-potensi alam tersebut agar system lingkungan dapat berlanjut terus dengan baik. Sehingga bangunan harus lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih hemat dalam memanfaatkan energy yang berasal dari alam.

Prinsip-prinsip arsitektur hemat energy merupakan cara berfikir yang lebih rasional dalam memanfaatkan dan mengkonsumsi energy, serta mencari cara-cara baru dalam menghasilkan energy baru atau terbarukan. Penyelesaian arsitektur yang lebih mampu memanfaatkan teknologi daur ulang dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga keberlangsungan lingkungan ke depan akan semakin menjadi lebih baik dan terjaga.

Downloads

Published

2024-08-01