KAJIAN REVITALISASI ARSITEKTUR DEPO PEMASARAN IKAN SIDOARJO

Authors

  • Muhammad Faris Madani UPN Veteran Jawa Timur
  • Adibah Nurul Yunisya UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/widyastana.v4i1.104

Keywords:

Depo Pemasaran Ikan; Pasar Ikan; Revitalisasi; Sidoarjo

Abstract

Depo Pemasaran Ikan atau disingkat DPI Sidoarjo adalah pasar dari Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo. Setelah beroperasi selama lebih dari 14 tahun sejak pertamakali dibangun pada tahun 2007, pasar ikan ini direncanakan akan dilakukan revitalisasi oleh Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo Bachruni Aryawan. Revitalisasi ini bertujuan untuk mengubah DPI Sidoarjo yang awalnya hanya sekedar tempat jual beli ikan dengan citra yang kumuh dan kurang terawat menjadi kawasan wisata baru Kota Sidoarjo. Pelaksanaan revitalisasi direncanakan dimulai pada tahun 2023 yang sekarang masih dilakukan pengembangan konsep.

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek arsitektural/fisik DPI Sidoarjo beserta lingkungan sekitarmya sehingga didapatkan data yang mendukung permasalahan dan kendala dalam upaya revitalisasi DPI Sidoarjo sebagai kawasan wisata yang lebih baik dengan merumuskan rekomendasi desain konseptual.

   Penelitian ini ditulis dengan metode deskriptif-kualitatif menggunakan observasi langsung dan studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukkan permasalahan arsitektural/fisik dan lingkungan DPI Sidoaorjo adalah kondisi pasar ikan yang masih becek dan kumuh, sirkulasi pasar semrawut dan kurangnya ruang untuk pedagang tetap serta sarana dan prasarana. Bentuk DPI Sidoarjo yang diinginkan oleh pembeli dan pedagang serta konsep dari pemerintah adalah sebuah kawasan wisata dengan area pasar ikan yang memadai, area kuliner dan pelelangan yang menarik serta sarana dengan prasarana yang mendukung.

Downloads

Published

2024-08-09