ANALISIS ORGANISASI RUANG DAN SIRKULASI PADA BANGUNAN SMK NEGERI 12 SURABAYA

Authors

  • Maharani Badriazhari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Adibah Nurul Yunisya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/widyastana.v3i2.80

Keywords:

organisasi ruang; pola sirkulasi; sekolah kejuruan.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan bentuk satuan pendidikan formal sebagai wadah untuk menyelenggarakan studi kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan setara dengan Sekolah Menengah Atas. Dalam praktiknya sekolah kejuruan banyak diminati oleh siswa yang berorientasi pada pendidikan praktik. Siswa-siswi lebih banyak menjalankan kompetensi dasar praktik dibandingkan pengetahuan. Sekolah sendiri merupakan sebuah bangunan kompleks yang terdiri dari banyak massa bangunan, karena sekolah memiliki kebutuhan ruang dan berbagai aktivitas penunjang selain pembelajaran di kelas. Kebutuhan ruang pada sekolah menengah atas berbeda dengan kebutuhan ruang sekolah kejuruan. Sekolah kejuruan memiliki ruang praktik khusus untuk menunjang pembelajaran praktik. Organisasi ruang diperlukan agar penataan suatu ruang lebih terstruktur begitu juga pola sirkulasi dapat membantu efisiensi pengguna dalam suatu ruangan. Organisasi ruang pada suatu bangunan tentunya berbeda-beda, penerapan pola sirkulasi yang digunakan dalam menghubungkan ruang satu dengan lainnya pun berbeda hal ini dapat membentuk suatu tipologi pada bangunan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan menganalisa jenis organisasi ruang dan pola sirkulasi pada SMK Negeri 12 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan menganalisis organisasi ruang dan pola sirukulasi pada SMK Negeri 12 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 12 Surabaya menerapkan organisasi ruang cluster dan pola sirkulasi linier pada tatanan massa bangunannya.

Downloads

Published

2024-08-01