KAJIAN PENERAPAN HEALING ENVIRONMENT PADA BANGUNAN YAYASAN PENDIDIKAN ANAK CACAT JAKARTA

Authors

  • Agung Maulana Assyakuri UPN Veteran Jawa Timur
  • Wiwik Dwi Susanti UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/widyastana.v4i1.74

Keywords:

Anak – anak luar biasa, Healing Environtment, Yayasan Pendidikan Anak Cacat

Abstract

Dalam proses berkembangnya, manusia tidak terlepas dari pendidikan, maka dari itu lingkungan pendidikan diharap dapat mendukung proses pendidikan tersebut. Anak-anak luar biasa juga bagian dari masyarakat yang berhak mendapat pendidikan, keluarbiasaan dari anak-anak ini semakin menuntut kita untuk memberikan lingkungan pendidikan yang layak baik dari segi fisik maupun psikis. Dalam membantu mendapatkan kondisi lingkungan yang layak bagi anak-anak luarbiasa diperlukan pendekatan Healing Environtment, pendakatan ini dapat memberikan solusi atas keluarbiasaan yang dimiliki baik dari sedi fisik, psikis, pemikiran, dan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam meneliti bangunana YPAC Jakarta adalah kualitatif, yaitu data diperoleh dari observasi penerapan Healing Environtment pada objek YPAC Jakarta, pengumpulan data diperoleh dari studi literatur dan observasi lapangan, analisis dilakukan dengan pendekatan Healing Environtment (Murphy, 2008), dan menghasilkan kajian bahwa YPAC Jakarta menerapkan konsep Healing Environtment namun ada beberapa aspek yang kurang memenuhi.

Downloads

Published

2024-08-09